Sudah Waktunya Kita Menikmati Listrik dengan Menggunakan Panel Surya

Image
Saturday, 14 November 2015 | 05:38:55 WIB



Pekanbaru - Listrik dengan menggunakan Panel Surya merupakan sumber energi listrik yang menyerap energi cahaya matahari, melalui
panel surya (solar cell) diolah dan disimpan dalam catu daya kering, kemudian dialirkan ke alat-alat listrik selama 24 jam. 
Listrik tenaga surya merupakan listrik dengan energi ramah lingkungan dan hemat dalam pembiayaan.  Selain aman dan nyaman dalam
menggunakan panel surya serta perangkat penyalur (konverter) energi listrik, kita tidak perlu memikirkan iuran per bulan ke loket pembayaran rekening listrik.

Seiring dengan majunya teknologi dan pemanfaatan teknologi listrik, masyarakat kita di Riau sudah waktunya 'melek' dengan metode listrik alternatif atau teknologi listrik masa depan.  Potensi serapan energi dari sinar matahari di Riau untuk memunculkan energi listrik dengan menggunakan panel surya, hampir mendekati angka prosentasi perkiraan 89%.  Selain Riau terdiri dari dataran rendah, beberapa kabupaten senantiasa disinari matahari cukup kuat dan tersebar rata.  Estimasi potensi yang dapat menggunakan solar cell ini hampir 600 kepala keluarga di seluruh kabupaten di Riau.

Walaupun saat ini perusahaan listrik negara sudah menyediakan fasilitas token listrik (listrik dengan pengisian pulsa),  masih dirasakan kurang dalam pendistribusian listrik, terutama di daerah-daerah terpencil di Riau.  Solusi ini merupakan solusi yang dikategorikan sangat tinggi  menjadi pilihannya.

Pada saat ini, panel surya masih terbilang dijual dengan harga cukup mahal.  Namun, diimbangi dengan potensi pemakai ataupun pembeli unit panel surya kelak, harga panel surya akan berpotensi menjadi agak lebih murah, dengan kuantitas lebih banyak.  ITB dan ITS saat ini sedang berupaya untuk dapat membuat panel surya produksi dalam negeri agar dapat memenuhi keperluan dalam negeri, meskipun belum begitu banyak.  Diharapkan dapat harganya terjangkau oleh masyarakat Riau, terutama yang berada di pedalaman.

Menyimak perihal ini, Dinas Pertambangan dan Energi propinsi Riau, diharapkan dapat berperan serta dalam mengaktualkan kembali teknologi panel surya agar dapat menjadi sumber listrik alternatif, sehingga menjadi sumber listrik handalan di masa depan kelak. Tentunya harapan masyarakat Riau menjadi salah satu pertimbangan bagi kita semua.

(nusapos.com/Andra)

Sumber :

Laporan :

Editor : 0

loading...